Penjelasan Lengkap Ending Seishun Buta Yarou Movie


BIG SPOILER!!!!

Yoo minna balik lagi sama mimin nih, kali ini admin bakal menjelaskan ending dari Seishun Buta Yarou wa Yumemiru Shoujo no Yume wo Minai movie buat yang masih pada bingung nih. Tetapi ini sekalian mengajak kalian diskusi karena ini apa yang mimin dapat dari movie nya dan mohon di koreksi yah kalau ada kesalahan (Admin juga manusia dan belom baca LN hehe~).

Jadi di movie ini kita disuguhi fakta yang belum kita dapet di season sebelumnya, ini fakta nya mimin bikin list-nya yaw :3
(+) Shoko besar itu ternyata dari masa depan.
(-) Jantung Shoko besar itu ternyata dari Sakuta.
(x) Luka cakar di dada sakuta itu karena ada 2 jantung di satu waktu (kemungkinan ini saling paradox gitu)
(:) Sakuta akan tertabrak dan wafat pada tanggal 24 Desember XD.

Tetapi di ending nya terlihat Shoko, Sakuta, dan Mai baik saja saja kenapa ya?

Nah jadi Shoko masa depan itu balik ke masa lalu agar menyelamatkan Sakuta. Tetapi dia ga berhasil dan alhasil Mai lah yang tertabrak (Karena ia tidak rela Sakuta mati dan menyelamatkan-nya).

Tujuan Shoko itu satu (membahagiakan Sakuta dan Sakuta memilih untuk hidup bersama Mai) karena saat Mai mati ia pun memutuskan untuk membantu Sakuta dengan mengirimkannya ke masa lalu agar mengubahnya.

Akhirnya Sakuta pun berhasil menyelamatkan dirinya sendiri dengan menabrakan dirinya sendiri dengan menggunakan celah paradox, dan akhirnya bergabung. Lalu Shoko besar pun menghilang.

Tetapi pada akhirnya itu pun tidak membuat Sakuta bahagia karena Shoko akan meninggal jika tidak mendapatkan donor jantung, tetapi akhirnya Shoko pun menggunakan kekuatannya agar ia tidak menggunakan sindrom pubertasnya saat kelas 4 SD dan akhirnya tidak bertemu Sakuta dan lainnya.


Akhirnya masa sekarang pun berubah, Masa depan terjalan tanpa adanya Shoko, tetapi Sakuta pun tetap bertemu dengan Mai karena memang sudah ditakdirkan. Dan akhirnya saat Sakuta dan Mai kencan di pantai Shicirigahama mereka bertemu dengan Shoko dan ingatan Sakuta kembali tentang masa depan di timeline lalu.

Jadi semua yang terjadi di movie ini sebelum ending itu terjadi di alternatif timeline, nah di anime ini orang orang masih bisa mengingat timeline lain melalu mimpi.

Lalu kenapa mimin bisa menyimpulkan Shoko mengubah masa lalu agar ia tidak bertemu dengan Sakuta (dan tidak menggunakan sindrom pubertasnya), itu karena pada saat scene kritis dari Shoko dirumah sakit , saat itu ia mengatakan bahwa akan membahagiakan Sakuta.

Dan akhirnya masa sekarang berubah saat Sakuta menutup matanya perlahan lahan lalu tertidur. Karena tidur ialah syarat kemasa lalu. Tapi di movie tidak dijelaskan bagaimana Shoko selamat dan siapa yang mengubah masa lalu.

Ini mimin bisa menyebutkan kaya gini karena toyohama (Adik Mai) yang meningkat kecelakaan kakaknya dan Sakuta yang mengatakan sering kencan di pantai dalam mimpi.

Udah ya segitu dulu minna, kalau ada kesalahan bisa komen, disini kita diskusi yaa ^^ , Jaa minna Arigatou~


Posting Komentar

  1. makasih banget min penjelasan nya jadi cukup clear sekarang kenapa ending nya bisa kaya gitu sebenarnya agak kecewa sih ini movie udah bagus dari awal hingga mau akhir tapi ending terkesan buru buru harusnya ada scene jelas kaya gimana shoku ngerubah masa lalu nya, entah emang di LN nya kaya gini atau karena movie jadi terbatas oleh durasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @stone siip sama sama, iya kalau di buat kaya gitu pasti ga ada spekulasi yang menjebak

      @unknown iya itu antara Sakuta atau Shoko yang nyelametin emang masih belum jelas sih

      @dwiyan abz wkwk ini sih padahal kan Shoko butuh donor jantung ya, tapi ya anggep aja hoki (?)

      Hapus
  2. gw kira pas sakuta tidur dia kembali kemasalalu nyelametin shoko kelas 4SD, dan masadepan berubah dimana gak ada gejala sindrom pubertas (karena pas dikuil sakuta bilang berharap gak terjadi hal yang aneh & kalo dia mendapatkan gadis kelincinya dengan usahanya sendiri)

    BalasHapus
  3. Habis nonton movie nya malah di buat penasaran, knapa shoko nya bisa selamat itu gmna caranya ya,,? Kampretlah jdi tanggung2 kek gini jadinya 😑😑

    BalasHapus
  4. Jadi kalo si sakuta gk ke sma minagawa ketemu ama futaba gak ya? Terus kalo gk sekolah di situ berarti gak ada yang nama nya sindrom pubertas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sakuta tetep sekolah di minagawa dan ketemu kunimi sama futaba karna udah takdir.

      Inget kasusnya tomoe? Hari2nya tiba2 berjalan sama persis kaya pas pacaran pura2 sama tomoe. Walaupun pemicunya beda

      Hapus
  5. Lalu, cara shoko bisa menyelesaikan PR tu bagaimana?? Apakah Sakuta ke masa lalu atau Shoko sendiri pas masa kritis ke masa lalu buat ngilangin sindrom nya lalu kembali ke timeline asal agar ketemu Sakuta??

    BalasHapus
    Balasan
    1. @unknown nah itu bisa aja terjadi bakal ga ketemu, tapi kalo sindrom pubertas kayaknya tetep ada deh

      @unknown nah kalo itu emang ga dijelasin siapa yang balik ke masa lalu, terus Shoko itu ga ke timeline asal ya jadi emang udah kebuat timeline baru dimana Shoko dan Sakuta gak ketemu tapi ketemu pas di scene terakhir

      Hapus
  6. Bro numpang tanya, jadi sindrom pubertasnya si shoko itu kaya gimana ya?apa sindrom pubertasnya tuh bisa datang ke masa lalu gitu atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kayak nya bro shoko itu punya sindrom mengendalikan waktu
      tapi ending nya gw rada bingung soalnya movie nya gak njelasin mungkin kehabisan waktu movie atau dana buat animasi

      Hapus
    2. @Anonymous iya bisa dateng ke masa lalu

      @tyo kalo soal gadijelasin menurut gua sih waktu ya,soalnya kalo kelebihan waktunya ga jadi anime movie atau ada yang bakal di potong

      Hapus
  7. Nah min yang gw bingungnya,pas si shoko ke balik kelas 4sd,berarti si sakuta juga ikut kemasa lalu?,nah pas shoko kelas 4 ini,dia ga make sindromnya kan,makanya ga ketemu sakuta dll,jadi yang gw mau tanya,pas si shoko balik kelas 4 apa si sakuta ikut ke masa lalu juga?

    BalasHapus
  8. Nah min yang gw bingungnya,pas si shoko ke balik kelas 4sd,berarti si sakuta juga ikut kemasa lalu?,nah pas shoko kelas 4 ini,dia ga make sindromnya kan,makanya ga ketemu sakuta dll,jadi yang gw mau tanya,pas si shoko balik kelas 4 apa si sakuta ikut ke masa lalu juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ada org yg bisa ke masa depan atau ke masa lalu, maka org2 yg bersangkutan sama dia otomatis sedikit banyak berubah.
      Kalo Shoko ke masa lalu, mau sakuta ikut atau ga tetep bakal berubah takdirnya sakuta

      Hapus
  9. 1 lagi min mau gw tanyain,masih bingung soalnya,gimana caranya sakuta kembali ke masa lalu?,padahal ga di bantu shoko

    BalasHapus
  10. Masih gak paham min😂

    BalasHapus
  11. @Unknown bantu jawab , kalo dibilang "sakuta kembali ke masa lalu" mungkin agak kurang tepat , yang benar , dunia kembali ke masa si makinohara shoko kelas 4 sd..

    nah disini terjadi karena sindrom pubertasnya makinohara udah selesai , kenapa ? karena tugas rencana masa depannya makinohara udah selesai , udah dinilai sama si sakuta , dan saat sakuta tertidur di malam hari , tepatnya setelah bunyi kayak gong itu, dunia kembali , semua yang terjadi selama ini hanya jadi mimpi mereka masing masing

    dan benar , karena sakuta sama mai san udah ditakdirkan bersama , mereka ketemu lagi , semua terjadi lagi kayak di anime (versi episodenya) hanya saja tidak ada makinohara di dalamnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ralat* , mungkin bukan takdir , tapi karena ingatan mereka jadi sebuah mimpi , jadi si sakuta bisa nemuin mai san lagi

      Hapus
    2. Mantab gan penjelasannya,jadi ngerti gua sekarang

      Hapus
    3. Masok akal bro thank you ya

      Hapus
    4. Halo min, gua baru nonton nih hihi.. Dan sebanyak gua baca penjelasan, penjelasan lu menjawab semua pertanyaan, yang dimana kuncinya adalah "Dunia kembali ke masa makinohara masih kecil kelas 4 SD", "yang terjadi di Movie HANYA menjadi sebatas mimpi" dan "semua yang di series beneran terjadi karena takdir, bedanya si Makinohara gak ikut ambil bagian dari hidupnya si Sakuta saat di Movie"

      Hapus
    5. Jadi shoko yang punya penyakit jantung tuh cuma mimpi atau gimana??

      Hapus
  12. Mirip Steins;Gate teori"nya, jadinya mudah paham saya xD

    BalasHapus
  13. Setuju nggak, kalo ternyata endingnya dibuat gitu supaya penasaran dan dibuatkan movie penjelasan dari semuanya???
    #hehe:v

    BalasHapus
  14. NJIR MIN, gua pikir mai bnran mati dong, sedih gua jujur dan stress mikirinnya, trnyata mimpi dongg. Asik deh bisa liat sakuta ama mai kencan lgi hehehe thx utk shoko!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. nangis kejer kejer gua nonton ginian untung happy ending coook

      Hapus
  15. Untung ada yang bikin artike kaya gini jadinya ga sedih sedih amat pas aku nonton movienya wkwkwkkw

    BalasHapus
  16. menurut gua sih shoko emang selamat. kan kalo dikejadian kejadian sindrom pubertas yang dialami shoko itu karna shoko dapet donor jantung dari sakuta. tapi kan walau sakuta kaga ngedonor jantungnya, belum tentu shoko mati, dan ga dijelasin juga kalau shoko bakal mati semisal masa lalunya diubah. dan juga shoko dewasa sempat bilang kalau "ini terjadi karna kita mengkhawatirkan masa depan yang menanti kita" kya gitu lah intinya. jadi bisa dibilang. kalau sindrom shoko itu buat nyelamatin sakuta yang tabrakan

    BalasHapus
  17. wih rame mantul dehh, sama sama semuanya ^^

    BalasHapus
  18. Gua jdi bingung, jdi mimpi nya Djoko berakhir pas dia ngomong sama sakuta di scene rumah sakit itu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua yang terjadi ketika sakuta nutup mata (tidur) pas di samping mai itu udah jadi mimpi doang bro, dan dunianya dimulai lagi saat shoko masih kelas 4 sd. Penjelasan lebih mantulnya commentnya Naotsugyu (scroll ke atas)

      Hapus
  19. Jadi gini... Dunia balik lagi ke waktu shoko SD kelas 4 dan dsitu Shoko nggak mengalami sindrom pubertas, tapi bukan berarti penyakitnya juga ikut sembuh dong.... Krna penyakitnya bukan karena sindrom pubertasnya. Shoko kelas 4 kan bilang kalau tubuhnya kecil kemungkinan untuk sampai SMP... Nah timeskip ampe akhir waktu sakuta ama mai jalan ke pantai, dsitu ada shoko yg sembuh udh bisa keluar dari rumah sakit... Yang jadi pertanyaan gw... Kok bisa ??? Bukannya krna dia tidak mengalami sindrom pubertas dia bakalan nggak ketemu sakuta trus gadapet donor jantung trus gabisa nyampe SMP dan dirumah sakit mulu ??? Di timeline ini gw gatau sih shoko udh kelas berapa waktu ke pantai.... Tapi yang jelas, kok bisa gitulo ??? Harusnya kan dirumah sakit krna penyakitnya..... Apa karna kekuatan harapan atau apalah ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kalau menurut gw gini, kan dunia balik waktu si shoko kelas 4 sd jadi selama ini adegan di anime sama di movie itu cuma mimpi dan kekhawatiran dari shoko pas dia mau nulis rencana masa depanya, nah di situlah sindrom shoko muncul dan terjadilah kisah di anime dan movienya, setelah sindrom shoko selesai (rencana masa depanya di nilai oleh sakuta) dia langsung kembali ke saat dia nulis rencana masadepanya. terus kenapa shoko masih hidup itu karna jika shoko gk ketemu sama sakuta berati dia sudah mendapat donor jantung dari orang lain (tidak punya keterikatan takdir dengan sakuta) lalu barulah takdir mempertemukan mereka di pantai dan saat itulah karna sindrom shoko sakuta jadi memiliki ingatan tentang kekhawatiran(masa depan) shoko. intinya mimpii(ingatan pararel) sakuta baru keluar saat ketemu langsung dengan shoko di akhir movie

      Hapus
  20. wkwkwk, endingnya emang bingungin si, cuma biarin dah yg penting happy ending wkwkkww

    BalasHapus
  21. Saya setuju dengan teori yang menjelaskan bahwa setelah Sakuta tertidur saat bunyi gong di akhir-akhir film, timeline berubah, dan Sakuta menjalani timeline tanpa adanya Shoko-san karena Sakuta masih hidup sehingga pertemuan dengan Shoko-san tidak pernah terjadi.

    Pertanyaannya, bagaimana cara Sakuta melawan titik terlemah dalam hidupnya (chapter di Anime) saat ada di pantai dulu ? Padahal saat itu yang membuat Sakuta bangkit adalah Shoko-san.

    Kalau tentang Shoko-san masih hidup itu mungkin karena ada kaitannya dengan film "seorang gadis mendonorkan jantungnya" jadi dapat donor dari kepopuleran film itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya ini masih bingung yg bagian sakuta pas terpuruk di pantai siapa yg nolongin

      Hapus
  22. Tapi kan kalo shoko besar gak muncul, otomatis sakuta gak ada yang menghibur pas di pantai, trus sakuta gak masuk SMA Minegahara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat Okta dan Taichu, kalian berdua nanya pertanyaan yang jenisnya sama yaitu apa yang terjadi di timeline baru (dimana shoko hidup tanpa mengenal sakuta), ya mana gw tau karena gw bukan author. tapi dikutip dari perkataan sakuta/mai (gw lupa) yaitu kita semua bakal bertemu karena sindrom pubertas. Jadi ya itu emang balik terserah authornya karena bisa aja itu dibuat jadi plot baru kan untuk lanjut ke season 2.

      Hapus
  23. Saya paham sih, kalau setelah sakura tidur di ending, semua kejadian yang terjadi di series dan movie menjadi mimpi saja, karena itu juga sindromnya makinohara, tapi masalahnya, pas shoko balik ke kelas 4, bagaimana dia bisa sembuh dari penyakitnya jantung nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin itu ada hubungannya dengan ending di movie-nya. Saat ending scene Sakuta dan Mai lagi jalan bareng ke pantai dan melihat poster Wanita Penyakit Jantung.

      Hapus
    2. *SETUJU SAMA TAICHU KWKW*

      Sebenernya pas ngobrol tentang poster itu jadi clue penting kenapa Shoko itu bisa selamat.. tapi ya ujung2nya balik lagi ke shoko yang baru mulai sindrom pubertasnya di Kelas 4 SD dan karena dia punya rekaman ingatan sampe dia gede dari situ dia kayaknya sadar dan berusaha buat ngubah masa depannya.. entah gimana caranya mungkin aja dia nulis kisahnya di internet dan produser film baca akhirnya langsung diangkatlah ke layar lebar (waktu itu Mai masih SMP, dari kata2nya pas Mai ngobrol sama Sakuta dia bilang "waktu itu", yang mengindikasikan itu film lama).. Di saat Mai bilang entah kenapa kok tiba2 pengen banget meranin karakter utamanya gw sih nebaknya dia yang waktu itu SMP ingatannya terpicu (lewat mimpi) sama ingatan dia SMA pas udah tau Shoko (dan menurut gw mimpinya ini pun masih samar2).. dan dengan adanya film itu, ada yang inisiatif buat melakukan donasi bagi anak2 yang punya kelainan jantung, termasuk sakuta.. bahkan ada yang donasi jantung beneran dan gw berpendapat dari situlah Shoko SELAMAT..

      Hapus
    3. Ohh atau gak, bisa saja ternyata dia nulis di PRnya salah satu keinginan dia itu "pengen dapet donor jantung" dan gurunya tersentuh langsung bagiin informasi deh..

      Hapus
  24. Pokoknya ini anime the best, ngk nyesel we nonton, yah meskipun we telat sih......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gua cuma nntn animenya doang,mentok waktu sakuta sama mei-san berduaan dihari ulang tahun mei-san,lah elu nntn movienya dimana😭kok gua kaga jumpa,skrng gua jadi mati penasaran

      Hapus
  25. yang bikin bingung kan Sakuta tertidur seharusnya jiwa sakuta ke masa lalu, terus sakuta nggak kelihatan kalau nggak ada yang menyadarinya kan harusnya gitu, tapi di secene akhir tiba-tiba shoko langsung bisa mengatakan target masa depannya... nggak diceritain gimana Shoko bisa berubah darimana awalnya si si Shoko yang bingung nulis target masa depannya jadi punya target dan jika Shoko nggak ngalami sindrom puber, berarti seharusnya si Shoko nggak bakal ketemu Sakuta buat nyemangatin dia, dan Sakuta juga kemungkinan nggak punya tujuan buat masuk SMA Minegahara dan nggak ketemu Mai san dan kawan - kawannya. Jadi, kalau kita berimajinasi sendiri, kemungkinan entah Sakuta bertemu shoko atau nggak, Sakuta tetap bisa mengahadapi masalahnya sendiri (karena wataknya yang keras kepala sih) dan tetap masuk ke SMA Minegahara, kemudian bertemu Mai san dan garis waktu sebelumnya kembali terhubung (tanpa adanya shoko)

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Kalau ada yang bingung tentang kekuatan shoko. Begini, sindrom pubertas itu terjadi berdasarkan mental atau keinginan terdalam orang tersebut sebagai pemicunya, jika orang tersebut berkeinginan untuk menghilang dari dunia ini, maka orang tersebut akan menghilang dari dunia ini atau bila orang tersebut punya masalah yang nggak ingin diingat dan ingin melupakannya maka ingatannya akan tereset. Dalam kasusnya Shoko, Shoko punya penyakit jantung dan hidupnya mungkin hanya sampai SMP atau bahkan kurang dari itu, jadinya Shoko punya keinginan atau bisa dianggap cita- cita. Jika seandainya dia tidak mengidap penyakit jantung atau sembuh. Dia ingin bisa masuk SMP, masuk SMA, berkuliah, dan bahkan menikah. Jadi, keinginan tersebut yang memicu adanya sindrom pubertas.
    Nah... itu menurut pendapat saya. jika ada bagian yang salah saya mohon maaf ....

    BalasHapus
  28. Min apakah pada akhirnya futaba menyukai sakura dan berakhir ntr lagi min?

    BalasHapus
  29. kalau di anime ada dialog yang isinya gw agak lupa kalimat pasnya "percaya pada medis modern) mungkin karena ini dia tetep selamat karena alat medis yang canggih

    kemungkinan lainnya ada dikolom komen diatas, puberty syndrom tuh terjadi dari penciptanya (shouko) karena ibarat dinilai juga pr si shouko ya pikiran dia dimasadepan kan gabung sama masa lalu alhasil saat dia di 4sd tuh percaya diri

    jadi karena percaya diri mungkin ga "nyiptain" penyakit jantung dari hasil pikiran dia

    *CMIIW gw juga telat nonton :(

    BalasHapus
  30. saya yg baru nonton ini anime serial dan movienya merasa ini anime bagus, dalam segi cerita dan hal2 yg ga di duga, tp untuk movienya ini bener2 saya dibuat mikir lebih keras gimana caranya si shouko itu biar ga mati, tapi movienya ini jd ngingetin sama anime charlote sama re:zero yg mana mc nya mau mengulang waktu untuk menyelamatkan orang lain. buat mimin yg udah ulas anime movie ini, makasih banget soalnya jd paham maksud dari setiap cerita movienya dan komenannya juga saling meluangkan pendapat tentang cerita movie ini versi mereka... :)

    BalasHapus
  31. Gua mah simple, yang penting Mai sma Sakuta lancar deh kencan nya😂kalau bsa sampe nikah sih.

    BalasHapus
  32. So jadinya semua hidup lah kan
    Sebab saya orang malaysia tak faham sikit bahasa Indonesia
    Sorry
    Jadi mereka bertiga masih hidup kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih, mereka semua selamat takdir shoko sama sakuta juga berubah nyampai ending baru mereka bertemu lagi

      Hapus
  33. So macam mana makinohara hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini ga dijelasin rinci bro. Harusnya tu alur si shouko dapet donor dari si mc. Tapi klo ngikut alur ini salah 1 ada yg mati. Nah, mreka ngubah alur itu ntah dapet donor dri mana/teknologi apa. Yang jelas ber 2 selamat sih. Entah maksud authornya kgk jelasin detail itu. Padahal fokus movienya mayoritas ke scene itu, karena dari kejadian itu salah 1 nya bakal ngorbanin diri. Tapi malah selamet dua-duanya. Kayak wasting time sih, bolak-balik ngulang tapi dijadiin unknown gitu alurnya

      Hapus

Yuk berkomentar yang baik :)